Halaman

Jumat, 11 Mei 2012

8 Makanan Sehari - Hari Yang Mengandung Racun (??)

Hampir setiap hari kita mengonsumsi aneka makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Namun siapa sangka, jika ternyata sebagian makanan yang biasa kita makan ini, mengandung racun. Berikut 8 makanan yang biasa kita makan,  memiliki kandungan racun, seperti dilansir listverse.com:


1. Kentang


Kentang memiliki kandungan racun dalam batang dan daun. Bahkan kandungan racunnya juga terdapat di dalam kentang itu sendiri. Jika kentang dibiarkan menjadi hijau, maka kentang ini akan memiliki kandungan racun glycoalkaloid. Keracunan akibat kentang ini jarang terjadi, namun dapat menyebabkan kematian setelah penderita mengalami koma. Beberapa puluh tahun lalu di Amerika Serikat terjadi kematian akibat kentang setelah mereka makan kentang hijau dan minum teh daun kentang.

2. Tomat


Sama seperti kentang, tomat juga memiliki racun. Bedanya, kandungan racum tomat hanya berada pada batang dan daun saja. Kandungan racun yang ada pada daun dan batang tomat adalah racun glycoalkaloid. Racun ini dapat menyebabkan gangguan perut ekstrem.

3. Apel


Biji Apel memiliki kandungan sianida dalam dosis yang kecil. Beberapa orang ada yang sengaja menelan biji apel ini ketika mereka memakan apel. Jika ditelan dalam jumlah besar, akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

4. Ceri


Kandungan racun ceri ini terdapat di daun dan bijinya. Jika biji buah ceri dihancurkan, maka akan terdapat asam prussic atau hydrogen sianida.

5. Almond


Penggunaan almond sebagai bahan masakan sudah sejak lama. Salah satu almon yang paling enak adalah almond pahit. Namun almond ini penuh dengan sianida. Sebelum dikonsumsi, almond pahit ini harus diproses untuk menghilangkan racun. Di Amerika Serikat, almond dijual dalam kondisi panas dengan tujuan kandungan sianida dan bakteri hilang sebelum dikonsumsi.

6. Biji jarak


Biji kacang jarak ternyata memiliki kandungan racun yang lumayan tinggi. Dibutuhkan satu kacang untuk membunuh manusia dan empat kacang untuk membunuh kuda. Karena itu para pekerja yang mengumpulkan biji kacang jarak ini memerlukan tingkat kewaspadaan tinggi. Bahkan mereka mengalami efek samping dari mengumpulkan biji jarak ini.

7. Ikan Buntal


Beberapa bagian dari ikan buntal memiliki kandungan racun yang mematikan. Salah satunya adalah hati dari ikan buntal yang dapat membunuh manusia. Di Jepang, para koki harus mendapatkan sertifikat khusus untuk bisa mengolah makanan dari ikan buntal ini. Mereka harus mengikuti tes tertulis dan praktik untuk mendapatkan sertifikat. Selain itu, ikan buntal adalah makan yang tidak boleh disuguhkan untuk Kaisar Jepang.

8. Jamur


Jamur menjadi makanan popular akhir-akhir ini. Selain menjadi bahan sup, jamur juga dapat dijadikan cemilan. Namun beberapa jenis jamur memiliki kandungan racun yang cukup tinggi. Tidak semua jamur dapat dimakan. Untuk mengetes apakah jamur memiliki kandungan racun atau tidak, kita harus melakukan pengecekan terlebih dahulu. Jamur beracun memiliki topi datar tanpa benjolan, memiliki insang merah muda atau hitam dan insang melekat pada tutupnya.

sumber : http://bisnis-jabar.com/index.php/berita/makanan-sehari-hari-yang-mengandung-racun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

New Articles

Popular Posts