Halaman

Jumat, 26 Februari 2016

Cara Interpretasi Output Regresi dari Eviews Secara Keseluruhan


Gambar diatas menunjukkan contoh dari suatu regresi yang dilakukan menggunakan aplikasi Eviews 7. Pada contoh regresi ini, 8 variabel independen digunakan dalam regresi dengan 1 variabel dependen. Rumus awal regresi contoh ini adalah:



Regresi yang digunakan contoh ini adalah mengetes pengaruh ACP, DR, SIZE, CCC, ITO, APP, CR, and WCT terhadap ROA; yang mana adalah rasio-rasio keuangan.

Untuk membaca/menginterpretasi hasil suatu regresi, ada beberapa step yang harus dilakukan yaitu:

1. Melihat R-squared
R-quared berfungsi untuk menunjukkan seberapa besarkah sampel bisa merepresentasikan total populasi. Contoh, jika nilai R-squared adalah 0.43, maka bisa diartikan bahwa sampel bisa merepresantikan total populasi sebesar 43%. R-squared yang baik adalah lebih dari 50%, karena berarti sampel yang digunakan untuk regresi bisa merepresentasikan setidkanya setengah dari total populasi, dan mampu menjelaskan secara lebih relevan. Khusus untuk data panel (gabungan data cross-section dan time series), R-squared yang digunakan adalah Adjusted R-squared.

Bisa terlihat dari hasil awal regresi, bahwa terdapat nilai R-squared senilai 0.657615. Maka dapat diartikan bahwa sampel dalam regresi ini mampu merepresentasikan total populasi sebesar kurang lebih 66%. Dapat dikatakan bahwa sampel dapat secara baik merepresentasikan total populasi.

Jika jenis data yang dipakai adalah "Panel Data", maka dapan dilihat dari Adjusted R-squared, yang bernilai 0.596747. Maka bisa diartikan bahwa sampel dapat merepresentasikan total populasi sebesar kurang lebih 60%, dan masih tergolong sebagai sampel yang baik.


2. Melihat besarnya C (Coefficient)
Nilai C menunjukkan hubungan keseluruhan dari seluruh variabel independen terhadap variabel dependen. Ada dua hal utama yang perlu dilihat dari nilai C, yaitu pada 'Coefficient' nya dan pada 'Prob.' nya. 

Coefficient menunjukkan apakah hubungan secara keseluruhan dari variabel independen dan variabel dependen adalah hubungan positif/negatif. Jika nilainya adalah negatif, maka bisa diartikan bahwa hubungan antara variabel independen dan variabel dependen adalah hubungan negatif, dan juga berlaku sebaliknya. Contoh, jika coefficient bernilai -0.234, maka dapat diartikan bahwa variabel independen mempengaruhi variabel dependen secara negatif; juga berlaku sebaliknya.

Selain Coefficient, hal lain yang perlu diartikan adalah nilai Prob. Nilai Prob. (Probability/Probabilitas) berarti signifikiansi dari variabel independen terhadap variabel dependen. Signifikansi berarti variabel independen yang digunakan adalah variabel yang penting dalam mempengaruhi variabel dependen. Signifikansi dari model regresi bisa bervariasi dari 1%, 5%, dan 10%. Dalam arti, jika nilai Prob. berada dibawah 1%, 5%, atau 10%, maka bisa dikatakan signifikan. Namun jika diatas 10%, maka bisa dikatakan tidak signifikan. 
  • Contoh, nilai Prob. adalah 0.0007. Nilai 0.00007 lebih kecil dr 10%, 5%, juga 1%. Maka variabel ini dikatakan signifikan dibawah tingkat signifikansi 1%. 
  • Contoh lain, jika nilai Prob. adalah 0.034, nilainya lebih kecil dari 10% dan 5%, namun lebih besar dari 1%. Maka variabel ini dapat dikatakan signifikan dibawah tingkat signifikansi 5%.
  • Contoh lain, jika nilai Prob. adalah 0.087, nilainya lebih kecil dari 10%, namun lebih besar dari 5% dan 1%. Maka bisa dikatakan variabel ini berpengaruh signifikan dibawah tingkat signifikansi 10%.
  • Namun, jika nilai Prob. adalah 0.581, nilainya lebih besar dari 10%, 5%, dan 1%. Maka dapat dikatakan bahwa variabel tidak signifikan.


Pada gambar diatas, dapat diketahui bahwa C memiliki koefisien senilai -6.857695. Maka dapat diartikan bahwa secara keseluruhan, variabel independen mempengaruhi variabel dependen secara negatif. Selain itu, nilai Prob. adalah sebesar 0.0108. Nilai ini lebih kecil dari 10% dan 5%, namun lebih besar dari 1%. Maka dapat dikatakan bahwa secara keseluruhan, variabel-variabel independen berpengaruh secara negatif dan signifikan (dibawah 5%) terhadap variabel dependen.



3. Melihat pengaruh tiap variabel independen terhadap variabel dependen
Pada dasarnya, cara melihat pengaruh tiap variabel independen terhadap variabel dependen adalah sama persis dengan langkah kedua tadi, yaitu dengan melihat nilai 'Coefficient' dan nilai 'Prob."; namun diartikan satu persatu per variabel, tidak menyeluruh seperti langkah 2.

  • ACP memiliki coefficient 0.273380 dan prob 0.0847. Maka ACP mempengaruhi ROA secara positif dan signifikan (dibawah 10%)
  • DR memiliki coefficient -4.095058 dan prob 0.0000. Maka DR mempengaruhi ROA secara negatif dan signifikan (dibawah 1%)
  • SIZE memiliki coefficient 0.707620 dan prob 0.0000. Maka SIZE mempengaruhi ROA secara positif dan signifikan (dibawah 1%)
  • CCC memiliki coefficient -0.494881 dan prob 0.0013. Maka CCC mempengaruhi ROA secara negatif dan signifikan (dibawah 1%)
  • ITO memiliki coefficient -0.612637 dan prob 0.0190. Maka ITO mempengaruhi ROA secara negatif dan signifikan (dibawah 5%)
  • APP memiliki coefficient -0.092492 dan prob 0.4351. Maka APP mempengaruhi ROA secara negatif dan tidak signifikan
  • CR memiliki coefficient 0.208692 dan prob 0.0622. Maka CR mempengaruhi ROA secara positif dan signifikan (dibawah 10%)
  • WCT memiliki coefficient 0.661890 dan prob 0.0000. Maka WCT mempengaruhi ROA secara positif dan signifikan (dibawah 1%)


Begitulah, cara untuk menginterpretasikan output regresi dari aplikasi Eviews 7. Hal lain yang terkandung dalam output tersebut biasanya tidak terlalu ditonjolkan oleh banyak orang.

Sekian, terimakasih

By: Alex Bodem



Keyword: output regresi, eviews tutorial, interpretasi regresi, cara membaca regresi dari eviews, Eviews 7, Signifkan, Positif Negatif

11 komentar:

  1. Thank you so much Alex Bodem :D It's help me a lot!

    BalasHapus
  2. Instagram @olahdatasemarang WA 085227746673 PIN BB D04EBECB melayani jasa olah data SPSS, EVIEWS, AMOS, LISREL, SMARTPLS, WDEA (Warwick DEA), WINDEAP (DEAP 2.1 For Window), NCSS, STATA, MINITAB, WARPPLS, EXPERT CHOICE

    BalasHapus
  3. Video Uji Reliabilitas Cronbach Alpha Menggunakan EVIEWS
    www.youtube.com/watch?v=YiMBKcvzkE4
    WA 085227746673
    Analisis Data EVIEWS, LISREL, SPSS, AMOS, DLL

    BalasHapus
  4. Ebook Data Panel EVIEWS 9
    Merupakan Tutorial Data Panel Menggunakan EVIEWS 9 Terdiri Data Panel Dan Data Panel Dengan Koefisien Cross Section Yang Dilengkapi Uji Chow, Hausman, LM Dan Asumsi Klasik Regresi Meliputi Multikolinieritas, Heterokedasitisitas, Autokorelasi.
    Link Download
    goo.gl/xhb133
    goo.gl/Y3NIjq

    BalasHapus
  5. Anda Kebingungan Dan Kesulitan Menyelesaikan Skripsi, Tesis, Disertasi
    Karena Pusing Mikirin Olah Data Analisis Statistika Dengan SPSS, AMOS
    LISREL, EVIEWS, SMARTPLS, DEA
    Serahkan Dan Percaya Kepada Kami.
    Kami Siap Bantu Anda.
    Olah Data Semarang (Timbul Widodo)
    WA : +62 852-2774-6673
    IG : olahdatasemarang

    BalasHapus
  6. Sumpah makasih banget bang sangat membantu skripsi ane, apalagi teman2 ane yg pintar dah pada sarjana semua
    Skli lagi mksih

    BalasHapus
  7. Kepada Yth
    Import Dept
    Di
    Tempat

    Salam Sukses…


    Sebelumnya kami mohon maaf yang sebesar-besarnya jika surat perkenalan ini menyita waktu bapak/ibu.kami dari PT.PINXIANG RAIHANINDO MANDIRI ingin memperkenalkan perusahaan kami kepada bapak/ibu.

    Kami dari PT.PINXIANG RAIHANINDO MANDIRI adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Expedisi dan International Freight Forwader untuk pengurusan Import di Kepabeanan.
    PT.PINXIANG RAIHANINDO MANDIRI,Consolidator untuk barang-barang import resmi,legal serta perpinjaman perusahaan ,Undername.kami dapat menghandle semua jenis import komodity dengan air freight atau sea freight ke Indonesia.
    A.PRODUCT AND SERVICE PT.PINXIANG RAIHANINDO MANDIRI:
    1. Specialist Import Borongan ( All-In )
    2. Specialist Import Undernamre
    3. Specialist Export Undername
    4. Specialist Handling Barang Bekas (All-In )
    PT.PINXIANG RAIHANINDO MANDIRI memiliki izin lenkap ,Kami juga menyediakan Undername sesuai dengan kebutuhan bagi import yang belum memiliki Licency Import bedasarkan Comodity,Licency import dari kami diantaranya:
    1. NPWP,API-U - SRP / NIK
    2. NPIK ( Electronik,Mesin dan Toys ) – IT ( Makanan,Besi / Baja ) dan lainnya.
    B.WILAYAH KERJA ,UNDERNAME / All – In:
    1. Pelabuhan Jakrta
    2. Pelabuhan Lampung
    3. Pelabuhan Semarang
    4. Pelabuhan Surabaya
    C.PELAYANAN DOMESTIC:
    1. Kapal roro den dengan pengiriman reguler tujuan : Makassar,Balikpapan,Samarinda, Banjarmasin
    2. Jasa Trucking : Menyediakan Pick Up,Colt Diesel 4 roda & 6 roda ,Fuso 6 roda & 10 roda ,Truck Built,up,lowb,Treller
    D.MISI KAMI
    1. Mempelancar usaha anda anda dengan service yang sangat memuaskan & tepat waktu.
    2. Harga relatife murah / bersaing.

    Kami bisa memberikan harga yang murah dan kompetitif serta wakru yang tepat
    PT.PINXIANG RAIHANINDO MANDIRI Tidak menerima uang deposit ( DP ) system pembayaran costums sebelum barang kami kirim ke costumer, serta kami juga bisa mengeluarkan import barang-barang bekas.
    Berikut kami lampirkan jasa costums clearance import ( UNDERNAME )
    Jika ada pertayaan / membutuhkan jasa lain serta informasi lebih lanjut dalam pengurusan import silahkan menhubungi kami di 021 2281 9989
    Demikian,semoga untuk kedepannya perusahaan kami bisa menjadi kemitraan kerja sama dengan perusahaan bapak/ibu.


    Thanks & Best Regards,

    ALVIAN ( Mr )
    Sales & Markt Exim Dept
    PT PINXIANG RAIHANINDO MANDIRI
    International Air & Sea Freight Forwarders

    JL. Raya Bogor KM 26. Blok A-9. No. 8, CIRACAS

    Jakarta Timur 13740 - Indonesia
    Telp. : +6221 2281 9989
    Fax. : +6221 2281 9929
    Hp/Wa : 08111730110 / 082262347875
    E-mail : alvian.raihanindo@yahoo.com
    Alviraihanindo1@gmail.com

    BalasHapus
  8. Tutorial Lengkap Pool Data Panel Dengan EVIEWS
    Merupakan Tutorial Regresi Data Panel Model Pool
    Dengan Menggunakan EVIEWS Sehingga Disebut Dengan
    Tutorial Lengkap Pool Data Panel Dengan EVIEWS
    Klik Link Dibawah Ini Untuk Mendapatkan Tutorialnya
    https://s.id/Panel

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

New Articles

Popular Posts