Halaman

Jumat, 04 Maret 2016

11 Fakta Unik yang Jarang Diketahui dari Bung Karno



Pak Soekarno atau biasa dipanggil Bung Karno adalah Presiden Indonesia pertama yang merupakan salah satu tokoh penting bagi rakyat Indonesia. Beliau adalah salah satu dari sederet tokoh yang sangat berjasa dalam hal mengupayakan kemerdekaan Indonesia. Karenanya wajar jika Bung Karno sangat dikenal, seolah menjadi legenda tersendiri bagi rakyat Indonesia. Namun ternyata tidak semua warga Indonesia kenal betul dengan beliau, khususnya hal hal yang menjadi ciri khas beliau.

Mungkin hal yang kita tahu dari beliau adalah dari kharisma, semangat, kepemimpinan, juga hal-hal yang berhubungan dengan posisi beliau sebagai pemimpin dan presiden Indonesia. Namun, ada beberapa poin yang mungkin jarang diketahui oleh orang. Apa sajakah itu? Berikut penjabarannya:

1. Suka Membaca















Soekarno kecil sangat suka membaca. Salah satu faktor yang mendorongnya untuk rajin membaca adalah karena beliau menjadi minoritas di sekolahnya. Bayangkan, hanya ada 20 orang pribumi di sekolah beliau. Sisanya adalah bule (Belanda). Selain karena tergolong minoritas, Bung Karno juga selalu merasa tertantang untuk bisa bersaing dengan murid murid lain, yang notabene adalah anak penjajah. Dari kegemarannya membaca tersebut, beliau akhirnya bisa menarik salah satu perhatian gurunya. Gurunya ini kemudian memberikan akses mudah ke perpustakaan sekolah, hingga beliau bisa membaca beragam buku.

2. Suka Nonton Film
Sobat mungkin tidak pernah berpikir bahwa Bung Karno yang seorang proklamator suka sekali menonton film. Bahkan untuk menunjang hobinya tersebut, beliau sampai punya ruangan khusus untuk menonton film.

3. Piawai Bermain Gitar
Tak hanya gemar membaca buku dan menonton film, Bung Karno juga ternyata piawai dalam bermain gitar. Beliau bahkan punya sebuah grup band, tempat dimana beliau bisa menunjukkan kepiawaiannya dalam memainkan gitar.

4. Hobi ‘Berteriak’














Fakta unik lainnya yang mungkin belum sobat ketahui dari Bung Karno adalah hobinya yang suka ‘berteriak.’ Coba saja tonton atau dengarkan salah satu pidatonya, sobat pasti akan mendengar beliau sering sekali ‘berteriak.’ Teriakan beliau tersebut kemudian menjadi ciri khas beliau dalam setiap pidatonya, dan entah mengapa seolah bisa membakar semangat orang yang mendengarnya.

5. Disukai Wanita














Presiden pertama RI ini ternyata juga sangat disukai wanita. Terbukti kehidupan beliau tak pernah lepas dari wanita. Selalu saja ada wanita yang kagum dan akhirnya dekat dengan beliau.

6. Disegani Pemimpin Dunia












Tak hanya disukai wanita, Bung Karno ternyata juga sangat disegani oleh para pemimpin dunia. Banyak dari mereka yang bahkan menjalin hubungan yang sangat erat dengan beliau, dari para pemimpian Asia sampai John F. Kennedy, presiden AS. Hal ini tentunya bisa menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi kita, bahwa kita pernah memiliki seorang pemimpin yang sangat dikagumi pemimpin dunia.

7. Bung Karno memiliki nama asli yang telah mengalami perubahan sebanyak 3 kali
Bung Karno terkenal dengan nama Sukarno, namun ternyata nama tersebut bukanlah nama asli dari presiden pertama RI ini. Berikut adalah 3 nama yang pernah disandang oleh Bung karno:

- Koesno Sosrodihardjo
Koesno Sosrodihardjo adalah nama yang telah diberikan oleh orang tua Bung Karno sejak beliau lahir. Namun, nama ini hanya bertahan selama lima tahun karena beliau sering sakit-sakitan maka orang tuanya mengganti nama tersebut.

- Soekarno
Nama kedua Bung Karno adalah Soekarno yang diambil dari nama tokoh pewayangan ‘karna’ dan awalan ‘soe’ memiliki arti orang yang baik.

- Sukarno
Nama Soekarno kini berubah menjadi Sukarno semenjak beliau menjadi presiden karena ejaan ‘oe’ merupakan ejaan warisan penjajahan Belanda sehingga nama Soekarno resmi diganti menjadi Sukarno.

8. Bung Karno memiliki 3 tongkat komando
















Fakta tentang Presiden Sukarno yang jarang diketahui selanjutnya adalah 3 tongkat komando yang dimiliki oleh Bung Karno. Beliau selalu membawa sebuah tongkat dalam setiap aktifitasnya dalam memimpin negara RI. Ternyata beliau memiliki 3 buah tongkat yang berbeda. Berikut ke-3 tongkat komando Bung Karno:

- Tongkat komando pertama, beliau gunakan dalam kegiatan kunjungan ke luar negeri.
- Tongkat komando kedua, beliau gunakan untuk menghadapi para jenderal.
- Tongkat komando ketiga, belaiu gunakan pada saat berpidato di depan orang banyak.

Sebenarnya ketiga tongkat komando tersebut tidak memiliki kekuatan istimewa dan hanya digunakan sebagai atribut pelengkap saja.

9. Polisi Belanda pernah terpaksa memanggul sepedanya karena Bung Karno
Selama penjajahan Belanda, Bung Karno sering diikuti oleh tentara Belanda di setiap aktivitasnya. Suatu ketika presiden pertama RI ini akan mengunjungi rumah temannya dengan mengendarai sepeda. Namun, di tengah perjalanan beliau menyadari bahwa telah diikuti oleh tentara Belanda. Ada ide yang terbersit dibenak Bung Karno untuk mengerjai tentara tersebut yaitu dengan meninggalkan sepedanya di pinggir sawah dan beliau pergi melewati pematang sawah yang sangat sempit. Melihat hal tersebut para tentara Belanda kemudian memanggul sepeda mereka untuk mengikuti perginya Bung Karno karena pematang sawah tersebut tidak bisa dilewati sepeda dan para tentara tidak boleh meninggalkan sepeda mereka saat bertugas, sehingga para tentara tersebut berkali-kali terjatuh di pematang sawah karena membawa beban yang cukup berat dan keadaan pematang sawah yang cukup sempit. Inilah salah satu fakta-fakta unik Bung Karno yang jarang diketahui oleh masyarakat luas.

10. Nama Sukarno dikenal sebagai Ahmed Sukarno oleh negara barat
















Bagi negara barat sebuah nama yang terdiri dari satu suku kata merupakan hal yang aneh seperti nama Sukarno, sehingga banyak diantara negara barat yang menduga-duga nama awalan presiden RI ini dan mereka menambahkan nama ‘Ahmed’ sebagai awalan nama Bung Karno sehingga di media barat nama Sukarno menjadi Ahmed Sukarno.

11. Bung Karno pernah berbagi rokok dengan beberapa tokoh luar















Bung Karno memiliki cara unik untuk menyambung negosiasi dengan negara lain. Salah satunya adalah dengan berbagi rokok pada mereka. Ini menunjukkan bahwa dari zaman dahulu, rokok sudah menjadi penyambung hubungan antar pihak, baik loikal maupun internasional


Nah, itulah tadi beberapa fakta unik dari Bung Karno yang mungkin belum sobat ketahui. Semoga bisa menambah pengetahuan sobat, sekaligus membuat kita semakin mengenal salah satu tokoh yang sangat berjasa dalam memerdekakan negeri ini dari tangan penjajah.





Sekian, terimakasih



Sumber:
http://www.lebaran.com/kisah/item/1172-6-fakta-unik-tentang-bung-karno.html
http://www.kumpulanmisteri.com/2015/07/4-fakta-unik-tentang-bung-karno-yang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

New Articles

Popular Posts